Move On ituuuuu…….

visual-inspiration-2268-gencept

 

Hari ini gue mau bahas soal move on. (ciee chacha kek pernah punya mantan aja).  
Ya kagak sih ppffftttt.

Jadi gini, kemaren itu gue dapet cerita dari temen-temen gue, konfliknya semua sama yaitu belum move on. Dan rata-rata belum move on dari mantan kekasih. Nah berhubung gue bukan mama dedeh yang bisa kasih wejangan-wejangan, bukan pakar analogi cinta juga, yang ada ntar kalo gue kasih wejangan ke temen-temen gue kelar kaga masalahnya sesat rumit mah iya.

Tapi setidaknya gue pernah punya pengalaman tentang move on. Jadi waktu gue kelas 6 SD gue udah kehilangan orang yang gue sayang, yaitu bokap kandung gue. Oiya jadi dari umur 7 bulan gue itu udah diadopsi sama orang tua gue yang sekarang, dengan alasan dulu gue itu sakit-sakit an, sedangkan orang tua kandung gue gak punya biaya yang cukup buat pengobatan, berhubung orang tua gue yang sekarang gak punya anak jadi gue diadopsi sama beliau.

Oke, kembali ke pembahasan bokap kandung gue. Bokap gue meninggal waktu gue masih Ujian Nasional tahun 2006, umur beliau masih muda tepat nya gue lupa berapa tahun. Beliau meninggal karena sakit Liver. Waktu bokap gue meninggal dimana proses Ujian Nasional masih berjalan, tapi untungnya waktu itu udah masuk mata ujian terakhir, jadi gue bisa selesain tanpa harus ikut ujian susulan. Tapi herannya waktu itu gue nggak merasa sedih, gue strong, entah gue belum ngerti arti kehilangan atau apa, tapi kalau dipikir lagi waktu itu gue kan udah kelas 6 SD ya, harusnya udah ngerti. Iya gue udah ngerti arti kehilangan apalagi untuk seorang ayah, tapi saat melihat kondisi bokap gue yang udah gak memungkinkan gue ngerti arti mengikhlaskan. Gue ikhlas karena bokap akan jauh lebih bahagia di surga dari pada didunia bertarung dengan penyakitnya.

Seiring berjalannya waktu gue mulai terbiasa jalani hari-hari tanpa adanya sosok papa kandung. Tapi waktu itu gue beruntung gue masih punya papa angkat. Gue cuma bisa berbicara lewat do’a dengan papa kandung gue. Sampe akhirnya gue masuk Sekolah Menengah Pertama.

Waktu gue duduk di bangku SMP, ini kali kedua gue harus merelakan kepergian seseorang. Dia adalah teman masa kecil gue, sahabat gue, sekaligus orang pertama yang bikin gue jatuh cinta. Namanya ARDHI. Iya, dia adalah cinta monyet gue waktu SD sampe gue SMP. Meskipun gue berada dibeda kota dia di Bengkulu gue di Lampung, tapi gue masih tetep nanyain kabar dia melalui bokap gue. Kebetulan bokap gue & bokap Ardhi 1 profesi yaitu sama-sama jadi guru di Sekolahan SD gue dulu. Bokap Ardhi pun sering nyampein salam Ardhi ke gue. Bisa dibilang sih itu masa dimana gue latihan LDR sama cinta monyet gue. (Saaiiiikkkk).

Karena gue baru masuk SMP jadi banyak tugas-tugas yang musti gue kerjain jadi gue jarang telphonan sama bokap gue. Sampe suatu hari bokap gue nelphone gue dan kasih kabar kalau Ardhi meninggal dunia karena tenggelem di kolam renang. Jadi waktu itu Ardhi lagi pengambilan nilai renang yang merupakan salah satu mata pelajaran disekolahnya.

Seketika gue diem, gue sedih, gue nyesel kenapa gue gak bisa liat Ardhi di masa sekarang, gue nyesel kenapa gue gak bisa muncul di hadapan Ardhi dengan gue yang udah dewasa. Gue gak bisa ngucapin apa-apa lagi selain kalimat yang sangat gue hindari yaitu “Turut berduka cita, semoga Ardhi tenang di sana” . Seketika gue inget dimana gue pernah berantem sama Ardhi lempar-lemparan pasir masih pake baju SD, gue maen air bareng-bareng sama Ardhi dan sahabat-sahabat gue pake selang sekolahan, gue maen bola bareng Ardhi dan sahabat-sahabat gue, gue dihukum guru gara-gara aduan dia, sampe gue inget percakapan waktu kita masih maen didepan sekolah;

Ka Yudho: “Ar kamu naksir ya sama Nduk Rahayu?” (FYI Jadi dulu gue dipanggil ‘Nduk Rahayu’, karena gue itu paling kecil dan gue cewek sendiri diantara sahabat-sahabat gue. ‘Nduk’ itu bahasa jawa yang artinya ‘Adek’).

Ardhi: “Iya aku suka, lagian emang kenapa? Kalo aku dapet nilai delapan dia juga dapet delapan, kalo aku dapet nilai sembilan dia juga dapet sembilan”.

Kalimat ungkapan perasaan, yang disampaikan secara polos, dengan wajah yang tulus, disampein didepan temen-temen yang lain. Moment itu gak pernah gue lupa sampe sekarang. Bahkan kebahagian kala itu yang gue rasain, gua masih bisa ngerasain sampe sekarang. Tapi sayang itu semua sudah tercatat dalam buku kenangan gue, sosok pria nomer 2 setelah bokap yang ada di hati gue kini udah di surga sejak tahun 2007 😦 .

Tapi seiring berjalannya waktu, seiring dengan hadirnya temen-temen gue yang baru, gue bisa merelakan kepergian Ardhi gue belajar menerima kenyataan, dan lagi-lagi gue harus merelakan. Sedih itu pasti, ikhlas dan kuat itu Harus.

Iya tanpa sadar gue udah 2 kali mengalami fase dimana gue harus move on. Tapi apa sudah selesai sampe disitu? Belum. setelah kepergian Ardhi gue kehilangan lagi sosok yang gue sayang yaitu bokap gue. Iya saat bokap kandung gue meninggal, gue masih bisa bilang merasa beruntung karena gue masih punya ayah angkat, tapi ya itulah ada kalimat yang mengatakan bahwa “Apa yang kita punya itu hanya titipan Tuhan”. Gue meng-Iya kan kalimat itu. Karena pada saat gue SMP bokap gue di bengkulu nikah lagi, akhirnya nyokap angkat gue cerai dengan bokap angkat gue, dan akhirnya gue salah satu dari sekian banyak orang diluar sana yang menjadi bagian dari anak Broken Home.

Pada saat itu gue bener-bener terpukul, gue lebih terpukul dari kehilangan 2 orang yang sebelumnya. Karena apa waktu gue SMP gue udah mengerti arti disayangi, gue udah mengerti arti kehilangan jauh lebih dalam, dan gue udah mengerti seberapa pentingnya sebuah keluarga. Gue mungkin bisa terima dan ikhlas jika orang-orang yang gue sayang pergi dan kembali ke sang pencipta, tapi gue gak bisa terima & gak bisa ikhlas kalau gue harus kehilangan keluarga harmonis gue. Sebelum mama dan papa gue bercerai, keluarga gue merupakan keluarga yang harmonis, keluarga bahagia, dan keharmonisan yang terjalin didalam keluarga kami itu sangat hangat melebihi kehangatan sebuah tungku perapian. Tapi apa mau dikata, inilah kehidupan banyak pil pahit yang harus ditelan, banyak kenyataan yang harus diterima & banyak kenangan yang tidak selamanya indah untuk dikenang.

Waktu itu gue bener-bener drop, nilai sekolah gue ancur, nilai raport gue ada merahnya, gue bener-bener gak konsen. Sampe akhirnya nyokap gue gak tega ngeliat gue berlarut-larut dalam kesedihan. Secara pelan-pelan beliau jelasin ke gue kenapa pmereka memilih bercerai, beliau jelasin sejelas-jelasnya masalah-masalah yang sering terjadi dalam keluarga kami, beliau berbicara bukan layaknya ibu dan anak, tapi udah layaknya sahabat. Beliau tak henti-hentinya kasih gue semangat, hibur gue, selalu tuntun gue dalam melewati hari-hari yang penuh dengan kepahitan. Beliau bilang; “Bangkit dan jalani hari baru itu yang musti kita lakuin, karena untuk mengaharapakan semua kembali seperti semula itu tak mungkin”.  Dengan kasih sayang yang tak pernah surut dari orang-orang disekitar gue, dan dengan niat gue untuk bangkit akhirnya gue bisa terbiasa dengan hari-hari baru gue tanpa sosok papa disamping gue. Gue juga selalu bertekat harus kuat seperti nyokap gue. Disaat itu nyokap gue bener-bener bertekat untuk bangkit, dan disaat itu juga nyokap gue harus bekerja lebih keras untuk menanggung kehidupan selanjutnya termasuk biaya sekolah gue sampe gue lulus.

Tanpa sadar lagi gue udah 3 kali menjalani fase move on dalam kehidupan. Dan setelah gue belajar dari pengalaman itu, hati dan mental gue udah mulai kuat tiap gue harus menghadapi hal-hal yang bikin gue down, terutama dengan hal-hal yang berhubungan dengan ditinggal pergi. Tapi pada tahun 2014 keteguhan hati gue kembali diuji oleh Tuhan. Gue kehilangan sesuatu yang berharga lagi dari hidup gue yaitu gue kehilangan sosok kakak sepupu yang bener-bener deket sama gue. Tepat  bulan Januari 2014 beliau meninggal dunia. Beliau meninggal diumur 24 tahun karena mengidap sakit hepatitis, hati nya nggak bisa berfungsi dengan baik. Memang waktu beliau masih dijakarta beliau sudah mulai sakit-sakit an. Gue pun sempet merawat beliau waktu di Rumah Sakit Tarakan Jakarta. Tapi saat itu kondisi beliau mulai membaik, sebelum akhirnya beliau dibawa pulang ke Lampung karena fisik dan kondisinya mulai melemah.

Saat di Lampung pun kondisi beliau naik turun, kadang membaik kadang melemah, segala cara udah keluarga lakukan, dari mencari obat-obat tradisional sampe ke Rs. terbaik. Sampe akhirnya sang waktu tiba dan beliau dipanggil oleh yang Maha kuasa. Pukul 8:00 pagi gue dikabarin via telephone sama ponakan gue, dia bilang kalau mbak Tree sudah gak ada. Seketika gue diem, gue senyum, iya senyum hitam, senyum tapi bukan bahagia, gue tersenyum karena gue inget semua kenangan-kenangan gue sama beliau, gue inget gue pernah ke mall sama beliau cuma bawa uang Rp. 10,000, gue tau lagu-lagu pop dan mancanegara dari beliau, jaman SD gue udah diajarin lagu-lagu Westlife sama beliau, beliau juga gak sungkan buat cerita masalah pacar dan mantan-mantannya sama gue. Waktu ulang tahun gue yang ke 7 Tahun beliau yang persiapin semuanya, dari dekorasi sampe undangan, beliau juga yang bikin acara ulang tahun gue anti mainstream  dari temen-temen gue yang lain pada jaman itu, karena yang berulang tahun anak 7 Tahun tapi yang dateng anak-anak SMA, gue gak pernah lupa moment itu.

Iya kenangan-kenangan dalam senyuman hitam itu terpecah ketika nyokap gue nelphone dan kasih kabar yang sama dengan ponakan gue. Saat itu gue langsung hubungin sodara-sodara gue di Jakarta untuk minta bareng kalo mau ke Lampung, dan akhirnya gue belum telat masih ada 1 mobil lagi yang belum berangkat. Akhirnya gue langsung minta izin ke boss gue kalo gue nggak masuk kerja karena harus pulang pada saat itu juga.

Gue bener-bener nggak bisa untuk nggak nangis, sepanjang jalan setiap gue inget beliau gue pasti meneteskan air mata. Pukul 1:00 malam gue sampe lampung, gue nyesel gue nggak bisa menyaksikan langsung proses pemakaman kaka gue, tapi ya mau gimana lagi kaka gue nggak mungkin nunggu gue dan keluarga yang lain, yang penting pada saat itu anak dan suami kaka gue sempet melihat proses pemakaman.

Empat kali gue harus berjuang untuk move on, empat kali gue harus belajar merelakan. Dan semakin kesini gue semakin mengertii apa itu move on. Saat proses move on kita gak perlu berusaha melupakan semua kenangan-kenangan yang pernah dilewati karena move on itu bukan melupakan melainkan merelakan apa yang telah pergi. Gue gak mungkin melupakan kalo bokap kandung gue pernah ninggalin gue untuk selamanya, gue gak mungkin lupa kalo sahabat sejati gue telah lebih dulu ke surga, gue gak mungkin lupa kalo bokap angkat gue udah bahagia dengan keluarga barunya, gue pun gak mungkin lupa, kalo kaka sepupu gue yang gokil yang gue sayang telah bahagia juga di surga. Gue gak mungkin lupa karena gue emang nggak pernah berniat untuk melupakan, gue hanya merelakan, mencoba ikhlas atas semua yang telah pergi. 

Nah kembali lagi kecerita temen-temen gue yang berusaha move on dari mantan nya.

Ya menurut gue kalian masih punya banyak waktu untuk move on, kalian hanya ditinggalkan seorang mantan. Kalian ditinggalkan seorang mantan yang memilih wanita lain ketimbang kalian? dan menurut kalian itu penyiksaan?. Hey guys, C’moonnn itu hanya mantan pacar, itu hanya berurusan dengan perasaan sesaat. Saat kalian menemukan teman-teman baru, menemukan kesibukan baru, kalian sudah bahagia dan memulai jatuh cinta lagi, gue yakin kalian bakal lupa akan hal itu.

“Tapi cha lo gak ngerti sih gimana rasanya udah sayang sama seseorang, lo gak ngerti sih gimana rasanya udah cinta banget sama orang”.

Nah suka lucu kalo denger temen bilang kaya gitu saat gue kasih saran buat move on. Sekarang gini kalo ngomong masalah sayang atau cinta, lah emang gue gak sayang sama bokap gue, gue gak sayang sama keluarga gue? HAH?. Gue jauh lebih sayang sama mereka ketimbang sama jodoh yang masih angan-angan atau bahasa tahun 2000 nya Mantan.

Saat cowok itu atau cewek itu memilih orang lain, bukan berarti diri kalian yang banyak kekurangan, bukan berarti kalian kurang cantik, kurang tampan, kurang baik, kurang menawan, kurang tajir, kurang sopan, tapi ya emang dia di takdirkan bukan untuk kalian. Kenapa sih harus ngotot untuk memiliki sesuatu yang itu bukan punya kalian?.

Terus dengan meratapi nasib, meratapi kesedihan itu bakal bikin orang yang pergi bakal balik lagi?, dan lo bakal bahagia?. Enggak. Coba lo liat cerita gue di atas, saat gue tau keluarga gue cerai, gue meratapi itu, gue meratapi kepergian bokap gue, tapi apa yang ada nilai sekolah gue jeblok, gue malah bikin nyokap gue sedih karena beliau prihatin liat kondisi gue.

Dari situ gue ngerti bahwa terlarut dalam masa lalu, terlarut dalam rasa gak ikhlas itu gak ada untungnya.

“Ah lo sok kuat lo cha, kaya gak pernah sedih aje”.

Gue bisa ngomong “Udahlah move on, Udah lah relain yang udah pergi, ikhlasin yang emang bukan punya kita, masih banyak petualangan-petualangan di depan sana yang musti kita coba” itu bukan hanya modal cuap-cuap tapi emang gue udah mengalami masa-masa itu. Kata siapa gak boleh sedih?. Manusiawi, semua orang yang pernah mengalami momen kehilangan atau ditinggal pergi itu bakal sedih. Hewan aja bakal ngerasain hal itu juga kalo ditinggal sama salah satu keluarganya. Tapi yang gak wajar itu terlarut dalam kesedihan, terlarut dalam dendam & kebencian terhadap orang-orang yang udah pergi (Mantan).

Ayoolaah buat apa menyiksa diri, kenapa masih mau sih dikalahin sama keadaan?. Gak ada istilah “Gagal move on”, yang ada “Emang gak niat move on”. Dari mana tau kita gagal, kalo kita aja belum coba. Kalau udah dicoba melupakan tapi tetap inget sama masa lalu yang suram atau menyakitkan, ya itu bukan gagal, tapi emang belum bisa merelakan dan terima keadaan.

Jadi intinya mau keluarga, sahabat, mantan yang udah pergi itu bukan sesuatu yang perlu kita tangisi & kita sesali. Semua itu proses hidup, semua itu warna dalam kehidupan, dan semua itu guru dalam hidup. Guru yang akan memberikan pelajaran ke diri kita sejauh mana kemampuan kita. Dan jika kita kuat melewati semuanya, semua itu belum finish. Karena semakin besar kemampuan yang kita miliki semakin tinggi juga tingkat Ujian yang akan dialamin.

Untuk yang belum bisa move on dari mantan, mulai sekarang belajarlah merelakan,mulai membuat kenangan-kenangan baru yang jauh lebih indah, mulai cari kesibukan baru, dan disaat kalian sudah bahagia, sudah siap untuk jatuh cinta, mulailah jatuh cinta lagi. Tapi kalo kalian belum bahagia & belum siap jatuh cinta jangan memaksa untuk jatuh cinta hanya demi membohongi hati kalian, itu gak akan bikin bahagia, yang ada hanya bikin sakit hati pacar kalian & kalian akan berhadapan dengan perpisahan & kehilangan lagi 🙂

 

Oke sekian lah postingan gue tentang Move on. Intinya move on itu mudah, asal niat dan punya jiwa-jiwa ikhlas 🙂

tumblr_n0d6lrRZQB1qjyy3ho1_500

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar